04 April 2013

Rata-rata Manusia Pernah Memakan Cacing

Cacing merupakan sesuatu yang menjijikan buat kita semua. Apalagi kita memakannya dan gak kebayangkan gimana mualnya perut kita. Kalau kita lihat judul diatas pasti kita berpikir apa benar sih saya pernah makan cacing? . Pertanyaan itu akan saya jawab kalau kalian baca terus blog saya ini sampai akhir. Sekarang saya tanya apakah kalian pernah makan burger, salad, pecal lele yang ada lalapannya?. Di makanan tersebut rata-rata memakai sayuran mentah seperti daun selada. Pasti kalian tauhkan daun selada itu apa?, saya akan jelaskan apa itu daun selada. Daun selada adalah sejenis sayuran berwarna hijau yang biasa dimakan dengan disajikan sebagai lalapan, yang dikenal dengan nama Lactuva Sativa. Selada biasanya digunakan sebagai sayuran pelengkap dalam makanan burger, salad, dan pecel lele. Ada apa dengan selada?, menurut penelitian kalau selada itu banyak melekat telur dan larva cacing. Larva cacing tambang yang terdapat pada selada sangat berbahaya jika dikonsumsi karena dapat menyebabkan penyakit kecacingan yang akhirnya menyebabkan anemia. Oleh karena itu perlu dilakukan teknik pencucian yang benar terhadap daun selada. Pencucian yang benar terhadap daun selada dilakukan harus dengan air yang mengalir agar telur dan larva cacing tersebut bebas dari daun selada tersebut. Tetapi rata-rata pedagang makanan seperti pedagang burger atau lainnya tidak memperhatikan teknik pencucian seperti ini. Jadi kalau kalian makan burger atau lainnya tanya dulu sudah bersih belum mencuci daun seladanya. Sebenarnya info ini saya tahu dari guru Biologi saya waktu SMU dulu dan saya gak percaya. Tetapi ketika Mahasiswa USU Medan mengadakan penelitian terhadap pedagang burger, sebagian daun seladanya mengandung larva cacing tambang dan baru saya percaya. Tetapi teman-teman jangan takut ya memakan daun selada jika dicuci yang benar.Selain itu daun selada ini sangat banyak manfaatnya seperti mencegah kanker dan stroke, melindungi paru-paru, memelihara hati serta mengatasi anemia dan bronchitis. Jadi jagalah kesegaran selada dan kebersihannya jika ingin memperoleh khasiatnya.

No comments:

Post a Comment